Hasil studi pelacakan

No. Jenis Kemampuan Tanggapan Pihak Pengguna Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
(%) (%) (%) (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Integritas (etika dan moral)

 

17 75 8 -Mempertahankan melalui mata kuliah Pendidikan Sikap Profesi dan Etika Bisnis.

-Semua civitas akademika di Jurusan senantiasa menanamkan nilai-nilai moral dan etika baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

-Jurusan menerapkan peraturan terkait etika baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

2 Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)

 

7 81 12 -Mempertahankan dan meningkatkan keahlian dan profesionalisme kerja melalui peningkatan jam praktek.

Jurusan telah mengajukan usulan penyediaan lab praktek dengan peralatan yang lebih memadai dan telah disetujui DIKTI.

-Memberikan penyegaran dengan mengundang praktisi perhotelan dan pariwisata yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa khususnya di bidang perhotelan dan pariwisata.

3 Bahasa Inggris

 

6 70 21 3 -Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui UHEC (UNDIKSHA Hotelier English Club) dan penambahan kuliah Bahasa Inggris secara informal yang dilakukan oleh dosen secara sukarela.

-Memberlakukan English Day setiap Hari Selasa dan Kamis dan di ruang lab praktek.

-Menerapkan Bahasa Inggris dalam presentasi kelompok dalam mata kuliah tertentu.

-Mengundang native speaker untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung,

-Menerima mahasiswa asing sehingga memaksa mahasiswa untuk berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris.

-Mendorong mahasiswa untuk berkomunikasi langsung maupun tak langsung (sms, email) dengan menggunakan Bahasa Inggris.

4 Penggunaan Teknologi Informasi

 

31 66 3 -Memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa menggunakan teknologi dengan menggunakan metode E-Learning secara bertahap dan pencarian bahan-bahan atau informasi terkait mata kuliah tertentu melalui internet.

-Meningkatkan komunikasi dan pengumulan tugas-tugas melalui email.

5 Komunikasi 35 63 2 -Melatih dan membiasakan mahasiswa untuk berkomunikasi secara terstruktur, lugas, dan sopan, baik secara langsung maupun melalui sarana pesan singkat atau email.

-Mengadakan forum komunikasi antra mahasiswa dan dose setiap akhir semester, di mana mahasiswa dan dosen berkomunikasi secara bebas terkait proses belajar mengajar yang telah dilalui bersama.

-Mendorong keaktifan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan sehingga mampu berkomunikasi dengan biak, lugas, dan santun dengan mahasiswa jurusan lain atau pihak-pihak yang terkait.

-Memberikan bimbingan cara penulisan laporan, tugas individu maupun kelompok, serta tugas akhir dalam hal penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

6 Kerjasama tim 29 69 2 -Melatih mahasiswa untuk bekerja dalam tim dalam berbagai kegiatan terkait mata kuliah melalui kerja kelompok maupun kegiatan kemahasiswaan dan akademik lainya.

-Melatih mahasiswa bekerja dalam tim terkait kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

-Mendorong mahasiswa untuk aktif dalam organisasi.

7 Pengembangan diri 18 64 18 -Mendorong mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan terkait pengembangan diri seperti kewirausahaan, kemandirian, kepemimpinan, tata busana, tata rias, pengembangan dan penyaluran bakat dan minat.
Total 143 488 66 3

 

Lembaga (Instansi/Industri) Yang Memesan Lulusan Untuk Bekerja Di Lembaga Tersebut Dalam Lima Tahun Terakhir.

Tahun Jumlah Lulusan yang Diwisuda pada Nama Lembaga (Instansi/Industri) Jumlah Lulusan yang Dipesan dan Diterima
(1) (2) (3) (4)
TS-4 2011 Padma Resort Bali

The Westin Resort

Ayana Resort

3

2

3

TS-3 2012 Padma Resort Bali

The Westin Resort

Oberoi

Ayana Resort

2

2

2

3

TS-2 2013 Alila Villas Uluwatu

Sanur paradise plaza

Padma Resort Bali

Puri Bagus

The Westin Resort

1

2

4

4

3

TS-1 2014 Padma Resort Bali

Alila Villas Uluwatu

The Laguna Resort

W Hotel

The Lovina

ST Regis

Matahari beach resort

Nusa Dua Beach

Hotel Padang Lovina

Hotel Pulestis

Hotel Puri Sharon

4

3

2

5

1

1

1

15

2

3

1

TS-0 2015 The Oberoi 2
Total     71

Selain perusahaan di atas, tidak sedikit mahasiswa diterima bekerja pada restoran dan hotel yang ada di Kuta, Sanur dan Nusa dua. Sedangkan hotel-hotel yang menerima lulusan adalah hotel-hotel melati yang ada di Kabupaten Buleleng.