Kompetensi utama lulusan Jurusan Perhotelan DIII pada Kurikulum 2012 adalah di bidang hospitality management dengan penjabaran sebagai berikut:

  1. Mampu menduduki posisi manajer atau supervisor pada departemen utama dalam operasional hotel yaitu Front Office Department, Housekeeping Departemen, Food and Beverage Department, dan Food Production.
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan pada departemen utama dalam operasional hotel yaitu Front Office Department, Housekeeping Departement, Food and Beverage Department, Food Production, serta prinsip-prinsip dasar akuntansi hotel.
  3. Mampu menangani masalah-masalah operasional hotel di keempat departemen utama dan departemen pendukung lainnya.
  4. Mampu menganalisa dan menyajikan laporan kegiatan operasional hotel seperti occupancy rate, average room rate, restaurant cover, forecasting, dan sebagainya.
  5. Mampu melihat dan menjawab peluang kewirausahaan di bidang hospitality melalui aplikasi prinsip-prinsip manajemen dan operasional hotel.

Kompetensi pendukung

  1. Memahami dan menguasai Hotel Information System
  2. Memahami dan menguasai operasional spa, MICE, dan ticketing
  3. Menguasai dan mampu menjalankan prinsip-prinsip dasar prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja.
  4. Mampu menjaga standar penampilan diri yang dalam hal ini adalah mampu memahami arti pentingnya pentingnya penampilan diri, dan mampu mengidetifikasikan standar penampilan diri sesuai dengan karakteristik dunia industri
  5. Mampu melaksanakan komunikasi lisan dan tertulis di tempat kerja dengan baik menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan/atau bahasa asing lainnya.
  6. Menerapkan konsep lingkungan sosial budaya di dunia industri yang dalam hal ini adalalah mampu mengusai prinsip prinsip dasar lingkungan sosial budaya dalam dunia industri perhotelan dan pariwisata.
  7. Memberikan solusi pemecahan situasi konflik yang dalam hal ini adalah mengusai manajemen konflik sebagai dasar pengelolaan sumber daya manusia.

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki sikap mental profesional, berintegritas, dan berpandangan hidup Pancasila.
  2. Memahami dan mentaati etika di dunia industri pariwisata dan perhotelan yang dalam hal ini adalah mampu menguasai kode etik dalam duni industri perhotelan dan pariwisata
  3. Mampu berkerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work)
  4. Mampu menyesuaikan diri dengan cepat terhadap berbagai perkembangan dan mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam berkarya (sustainable development)
  5. Inovatif, kreatif, dan kompetitif serta memiliki dasar-dasar keilmuan dan manajerial yang cukup bagi pengembangan diri yang berkelanjutan