VISI

Visi Jurusan Perhotelan D3 mengacu pada visi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) yang tercantum dalam Renstra UNDIKSHA 2010-2015 yaitu menjadi Perguruan Tinggi pusat pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berbudaya dan humanis berlandaskan Tri Hita Karana, serta menghasilkan tenaga kependidikan dan non kependidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, serta visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang tercantum dalam Buku Pedoman Studi adalah menjadi ”pusat keunggulan dan rujukan pengembangan pendidikan ekonomi, bisnis dan kewirausahaan kelas dunia”. Visi ini sangat mendukung visi Undiksha untuk menjadi world class university dalam bidang pendidikan dan Ipteks berlandaskan Pancasila dan kearifan lokal Tri Hita Karana. Secara khusus, visi Jurusan Perhotelan adalah menjadi lembaga pendidikan vokasional yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni guna menghasilkan simber daya manusia professional yang berlandaskan Tri Hita Karana dalam mengelola pekerjaan dan mengatasi masalah-masalah di bidang perhotelan dan pariwisata secara bijaksana.

MISI

  1. Menghasilkan tenaga profesional yang bertanggung jawab dan mandiri di bidang Pariwisata dan Perhotelan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan
  2. Mengembangkan jurusan yang unggul dalam bidang pariwisata dan perhotelan sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  3. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki, serta melibatkan alumni secara optimal, serta mengembangkan produk karya cipta yang jelas manfaatnya bagi masyarakat.
  4. Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi lain secara berkelanjutan.

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, tujuan Jurusan Perhotelan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIKSHA adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang perhotelan yang beraklhak mulia, berwawasan akademis, berjiwa entrepreneurship, kompetitif dan responsif terhadap peluang kerja dan perkembangan yang terjadi sehingga mampu bersaing di dalam maupun di luar negeri
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan di era globalisasi, mampu membuka usaha dan memberikan peluang kerja bagi diri sendiri dan orang lain khususnya di bidang industri pariwisata.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang perhotelan yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu dan keterampilan dalam bidang pariwisata.

Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang perhotelan yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, serta mampu memecahkan masalah, dan memiliki kreatifitas tinggi untuk berinovasi di industri pariwisata.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sejalan dengan misi jurusan, sasaran yang ingin dicapai Jurusan Perhotelan Diploma 3 adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang Pariwisata dan Perhotelan
  2. Mengembangkan jurusan yang unggul dalam bidang pariwisata dan perhotelan sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  3. Mampu menciptakan atmosfer akademik yang kondusif untuk memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki.
  4. Mampu memberikan layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup ke arah harkat dan martabat yang lebih baik.
  5. Mampu melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi lain.
  6. Lulusan yang memiliki kompetensi tinggi, berdaya saing dan memiliki kemampuan berkompetisi di tingkat nasional dengan rerata IPK minimal 3,0;
  7. Staff dosen aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjukkan kinerja pengembangan keilmuan dan penerapannya di masyarakat.
  8. Tercapainya 90% dosen berkualifikasi pendidikan S3 (doktor) dalam lima tahun;
  9. Indek kepuasan layanan pendidikan minimal berkatagori baik demikian juga indek kepuasan pengguna lulusan minimal berkatagori baik; dan
  10. Menargetkan minimal satu kerjasama yang dirintis tiap tahun dan terlaksananya kerjasama yang mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi secara berkesinambungan.

Strategi pencapaian sasaran tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membuat kurikulum yang mampu mengakomodir kebutuhan pasar pariwisata dengan melibatkan praktisi dalam membuat perubahan kurikulum.
  2. Mengarahkan mahasiswa dan seluruh staff dosen untuk mengikuti pelatihan pelatihan terkait dengan peningkatan kompetensi dan untuk bisa bergabung dalam suatu organisasi kepariwisataan di tingkat regional maupun nasional.
  3. Bersama sama mahasiswa dan staff dosen membuat serta menjalankan kegiatan yang mampu meningkatkan solidaritas rasa memiliki jurusan, dengan melakukan inventory bersama terhadap alat alat praktek yang digunakan, melakukan kegiatan seminar bersama serta pengabdian pada masyarakat saat Ulang Tahun Jurusan
  4. Melakukan pengabdian masyarakat contohnya membantu kelompok-kelompok pariwisata di Desa-desa di bidang pengembangan pariwisata
  5. Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam program Mahasiswa Wirausaha.
  6. Menyelanggarakan layanan pendidikan tinggi yang bermutu dengan standar mutu yang telah ditetapkan;
  7. Membuat suatu komunitas yang di berinama Undiksha Hotelier English Club sehingga mampu meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam berbahasa inggris.
  8. Memberikan kesempatan bagi staff dosen untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.
  9. Menyediakan sarana belajar teori maupun praktek, serta layanan administrasi semaksimal mungkin sehingga mampu memuaskan industry pariwisata dan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan treasure study secara berkala dan berkelanjutan; dan
  10. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak/stakeholder baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

SOSIALISASI

Visi, misi, tujuan dan sasaran Jurusan Perhotelan disosialisasikan secara berkala dan terprogram kepada semua sivitas akademik di jurusan. Setiap awal dan akhir semester diadakan pertemuan dosen dan mahasiswa untuk mensosialisasikan visi, misi, dan tujuan jurusan disamping untuk melakukan refleksi terhadap kinerja layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan juga disosialisasikan pada acara-acara ulang tahun jurusan, seminar ilmiah maupun kegiatan akademik lainnya yang memungkinkan untuk itu seperti kegiatan making bed competition tingkat SMA dan saat aplikasi mata kuliah MICE yang mengundang siswa dan guru-guru serta stake holder lainnya, serta melalui sarana elektronik di website www.undiksha.ac.id. Pemahaman sivitas jurusan terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan dapat dilihat dari kinerja akademik dosen, suasana akademik dan kinerja akademik baik kokurikuler maupun ektrakurikuler mahasiswa. Adanya peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat serta produk-produk akademik seperti artikel ilmiah, buku ajar dan sebagainya menunjukkan pemahaman yang baik terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan oleh dosen. Suasana pembelajarann/perkuliahan yang efektif dan produktif ditunjang oleh keaktifan mahasiswa mengikuti berbagai lomba ilmiah baik di tingkat lokal maupun nasional menunjukkan pemahaman mahasiswa terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran jurusannya.